Monday, September 25, 2017

Ada banyak jenis tarantula yang dapat dipelihara untuk pemula. Beberapa kriteria tarantula bagi pemula yaitu :
  1. Mudah didapatkan
  2. Perawatan mudah
  3. Tidak mahal
  4. Dapat beradaptasi dengan cepat
  5. Jinak, tidak agresif
  6. Dapat dilihat maupun diamati (beberapa spesies tarantula memilih untuk bersembunyi di sarang sehingga sulit untuk dilihat)
Kriteria-kriteria tarantula di atas berdasarkan pengalaman seorang keeper tarantula (dikutip dari www.mikebasictarantula.com). Sebagian besar tarantula buat pemula adalah tarantula jenis new world yang memiliki tempat tinggal di tanah (teresrial maupun burrower). Tarantula terestrial perlu disediakan tempat untuk bersembunyi. Tempat tersebut bisa dari potongan setengah gelas plastik, pot tanaman, dll

Lalu apa saja tarantula untuk pemula? Berikut saya berikan spesies tarantula yang bisa anda pelihara sebagai beginner keeper tarantula.



1) Honduran Curly Hair (Brachypelma Albopilosum)



   


Brachypelma Albopilosum atau yang biasa disebut Curly Hair adalah tarantula yang sangat direkomendasikan untuk pemula. Tarantula ini memerlukan kelembapan medium. Iklim di Indonesia sudah merupakan iklim yang sesuai untuk tarantula ini. Salah satu yang menjadi ciri tarantula ini yaitu rambut di sekitar tubuh mereka sangat lebat sehingga menjadikan mereka menjadi cantik. Spesies ini sangat jinak, tidak agresif, serta berjalan dengan lambat sehingga tarantula ini menjadi tarantula yang paling banyak dipelihara oleh banyak keeper. Tarantula ini sering kali disebut tarantula sejuta umat.

2) Mexican Red Knee (Brachypelma Smithi)




Tarantula ini merupakan tarantula klasik di kalangan penghobi tarantula. Tidak kalah popular dari saudaranya Brachypelma Albopilosum. Tarantula ini hidup di daerah yang agak kering serta bisa hidup di kelembapan rendah. Perpaduan warna merah, kuning, oranye, dan hitam membuat tarantula ini menjadi salah satu tarantula dengan warna-warni yang indah. Yang menjadi nilai tambahan yaitu tarantula ini merupakan tarantula terestrial sehingga mereka akan sering berada di permukaan tanah sehingga kita akan sering melihat tarantula ini melakukan kegiatannya.

3) Chaco Golden Striped Knee (Grammostola Pulchripes)




Tarantula ini merupakan tarantula asli daerah padang rumput dari Argentina dan Paraguay. Warna dan corak dari tarantula Chaco golden knee ini sangat menarik. Bulunya berwarna terang dan dengan warna emas pada kakinya, terutama pada lututnya. Jenis tarantula ini merupakan tarantula yang juga memiliki ukuran besar. Panjangnya bisa mencapai 20 hingga 22 cm. Selain warnanya menarik, tarantula ini juga sangat jinak sehingga menjadi nominasi sebagai tarantula terbaik bagi pemula.



Sekian dahulu beberapa jenis tarantula untuk pemula. Sebenarnya ada lebih banyak tarantula untuk pemula. Tetapi, penulis hanya mengambil 3 tarantula terbaik bagi pemula. Maka dari itu, penulis menambahkan video lagi untuk menambah wawasan pambaca mengenai tarantula lainnya yang bisa dipelihara sebagai tarantula untuk pemula.




9 comments